fbpx

Internet saat ini merupakan salah satu kebutuhan jutaan warga Indonésia para menjalankan keseharian mereka. O kit de Internet pode ser usado para realizar atividades, fornecer informações, fornecer dados e informações, o que significa que você pode realizar transações e transações.

Maka dari itu, tidak mengherankan, seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun persebaran jaringan internet di Indonesia semakin meluas. Em 2024, esta misalnya, jumlah pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 79,5% dari penduduk Indonesia, ou sekitar 221 juta jiwa. Eles foram mencionados em 2018 e ganharam 64,8%, 73,7% em 2020, 77,01% em 2022 e 78,19% em 2023 (apjii.or.id, 02/07/2024).

Semakin bertambahnya jumlah pengguna internet di Indonésia ini juga membuat provedor penyedia jasa internet di Indonésia semakin meningkat. Em 2022, lalu misalnya, ada sekitar 828 perusahaan provedor penyedia jasa internet di Indonesia. Este ano foi lançado em 2021 sebelumnya yang bejumlah sebanyak 611 perusahaan (katadata.co.id, 8/9/2023).

Adanya perusahaan penyedia jasa internet yang beragam ini tentu terlihat sebagai sesuatu yang positif to konsumen. Com essa pesquisa, você pode ter uma competição competitiva antes de usar gergelim para obter acesso à Internet como melhor e com o trabalho que você precisa.

Tetapi kenyataannya ternyata cukup berbeda. Não há problemas, para o provedor de internet tersebut melakukan tindakan para memonopoli pasar jaringan internet di wilayah-wilayah tertentu, seperti perumahan ou apartemen. Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang berpotensi dapat merugikan for konsumen.

Beberapa waktu lalu misalnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dalam rapat kerjanya dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) também menyampaikan hal tersebut, yang didapatkan dari laporan masyarakat. DPR dentro de hal ini berharap KPPU também pode ser um grande problema de prática anti-competição que pode ser dilakukan oleh perusahaan fornecedor penyedia jasa jaringan internet dengan menguasai daerah-daerah tertentu. Ketika sudah menguasai daerah tertentu misalnya, maka provedor penyedia jasa internet lainnya tidak diperbolehkan masuk (rm.id, 18/9/2023).

Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa, berbagai praktik monopoli yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia, mas não bisa dilepaskan dari peran pemerintah, terutama melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu pakar hukum bisnis dari Univesitas Islam Indonesia (UII) misalnya, menilai dominasi BUMN saat ini sudah termasuk berlebihan (uii.ac.id, 04/05/2021).

Adanya persaingan yang sehat tentu merupakan hal yang sangat penting bagi para konsumen. Di bidang telekomunikasi dan informasi misalnya, anggapan praktik monopoli tersebut umumnya dikenakan kepada perusahaan BUMN Telkom e dan berbagai anak perusahaannya, karena memang Telkom memiliki dominasi yang sangat besar (harianjogja.com, 5/5/2024).

Terkait dengan hal tersebut, alguns waktu lalu misalnya, perusahaan ternama asal Amerika Serikat, SpaceX, meluncurkan salah satu produk mereka, yakni provedor jairngan internet berbasis satelit, Starlink, na Indonésia. Elon Musk selaku sebagai pemilik e CEO Starlink enviou yang meresmikan hal tersebut pada saat ini berkunjung ke pulau Bali di Indonesia (cnbcindonesia.com, 20/5/2024).

Starlink envia um novo fornecedor de produtos para a Internet, que é produzido pela SpaceX e pela América Latina. Melalui Starlink, karena layanannya berbasis internet, faz com que o produto tersbeut memiliki kelebihan yakni pemasangan yang relativ mudah dan cepat terutama di wilayah-wilayah yang sangat sulit untuk kau oleh jaringan internet convencional.

Masuknya Starlink ke Indonesia ini tentu merupakan hal yang positif kepada konsumen, karena memberikan pilihan yang semakin banyak. Terlebih lagi, Indonésia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak desa-desa dan pemukiman di wilayah terpencil com acesso à internet yang sangat terbatas. Isso significa que o provedor de pendências de internet pode ser baseado em satélite, seperti starlink, tentando obter acesso rápido, mas para que você possa acessar a internet mais rapidamente.

Tetapi, seperti yang diprediksikan, tidak sedikit pihak-pihak tertentu yang melancarkan critik e dan ketidaksetujuan mereka terhadap fenomena masuknya Starlink ke Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) misalnya, menyampaikan bahwa masuknya inovasi provedor penyedia jasa jaringan internet berbasis satelit ini berpotensi dapat mengancam kelangsungan usaha telekomunikasi dalam negeri (inilah.com, 7/6/2024).

Não há nenhum provedor de serviços de Internet na Indonésia que possa oferecer suporte a um grande número de consumidores, e que o fornecedor seja meninggalkan. Tetapi hal lain yang tidak jarang kerap tidak dilihat é um grande potencial que pode ser usado para consumir uma tecnologia inovadora de tecnologia de internet com base na internet seperti Starlink.

Selain semakin menguatkan misalnya de competição, para penduduk dan warga Indonésia yang tinggal di daerah terpencil berpotensi memiliki akses internet yang cepat, yang tentunya akan memberikan banyak kesempatan bagi mereka para melakukan berbagai atividades. Melalui jaringan internet yang cepat dan confiável, mereka bisa mendapatan akses informasi yang sangat luas, bisa menjangkau pasar yang lebih luas menjual product yang diproduksi misalnya, dan juga kesempatan untuk belajar berbagai hal baru yang seakan sering dianggap tomado como garantido oleh para penduduk yang tinggal di ibukota.

Sebagai penutup, competisi dan persaingan yang sehat merupakan hal yang sangat penting to menjaga hak konsumen, agar mereka bisa mendapatkan yang dan ananan terbaik comngan harga yang terjangkau. Eles são concorrentes e experientes, para pelaku usarha akan “dipaksa” oleh pasar untuk berinovasi dan perbaiki product and layanan mereka, yang tentunya can berdampak pada kemajuan. Jangan sampai, karena dorongan dari pelaku usaha tertentu to menjaga pasar mereka melalui pembatasan competesi, hak and kebebasan memilih konsumen menjadi tercederai, sehingga kemajuan bisa menjadi terhambat.

Publicado originalmente aqui

Compartilhar

Seguir:

Mais postagens

Assine a nossa newsletter

Role para cima
pt_BRPT